Makauhe atau Udang Bakau

24 May 2012

Makauhe/Rama-rama

Makauhe/Rama-rama, sumber http://siagasmansa.blogspot.com

Melancong tidak lengkap jika tidak memicarakan kuliner. Masih dalam lingkup perjalananku ke riau kali ini saya akan menceritakan salah satu kuliner khas dari pulau selat panjang kepulauan meranti, Riau.

Makauhe (dalam bahasa mandarin), atau rama-rama (dalam bahasa lokal melayu) atau Udang Bakau hewan yang tinggal dipesisir pantai,.hewan ini membuat rumahnya didalam lubang,.dengan ada gundukan tanah diatasnya menyerupai gunung untuk menutup rumahnya tersebut,.mungkin yang belum pernah melihat hewan ini akan menyebutnya kalajengking merah,ya itu karena bentuknya memang mirip sekali dengan kalajengking,bagi warga kota Selatpanjang dan warga desa di pesisir pantai lainnya,hewan ini dikonsumsi dan diperjual belikan dengan harga Rp.3000,/ekornya.

Teman-teman ketika disana selalu bercanda bahwa hewan yang satu ini (makauhe) merupakan peranakan kepiting yang selingkuh dengan udang. Karena melihat dari bentuk tubuhnya dengan 2 sapit di depan yang menyerupai kepiting namun melihat kaki samping dan bentuk tubuh yang menyerupai udang.

Makauhe Saus Pedas

Makauhe Saus Pedas

Ada yang bilang jika pergi ke selat panjang, Riau dan belum merasakan masakan Makauhe pastilah kurang lengkap. Biasanya (makauhe) dimasak dengan saus, lebih nikmat lagi kalau ada saus kacang katanya. saya sendiri hanya merasakan saus manis dan saus pedas.

Pelahap Makauhe

Pelahap Makauhe

Itulah sedikit kisahku ketika merantau di pulau sebrang, bagaimana dengan ceritamu?

sumber gambar http://siagasmansa.blogspot.com


TAGS Riau Makauhe Selatpanjang Rama rama Udang Bakau Saus Pedas Kepulauan Meranti


-

Author

Follow Me